Statistik Pengunjung

2535735


Hits hari ini : 289
Total Hits : 2535735

Link Terkait

Update Tanggal : 30-May-2013, 07:20:19
Launching Website SAKIP, Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pertanian Meningkat Signifikan
Sumber Berita : Sekretariat Jenderal

JAKARTA – BIRO PERENCANAAN. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kementerian Pertanian memperoleh nilai “B” bersama dengan 25 Kementerian/Lembaga lainnya berdasarkan hasil penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2011.

Hal ini terungkap dalam laporan panitia Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Tahun 2013 yang disampaikan oleh Dr. Ir. Winny Dian Wibawa, M.Sc., Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, di Auditorium kementerian pertanian, Kamis (30/5).

“Website SAKIP merupakan salah satu dari sembilan amanat langkah-langkah percepatan Reformasi Birokrasi, di mana website SAKIP tersebut memuat informasi mengenai akuntabilitas kinerja Kementerian Pertanian, diantaranya memuat informasi Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Penetapan Kinerja (PK), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan pemantauan Kinerja Output dan Outcome. Pada website SAKIP ini juga memuat informasi mengenai berbagai peraturan terkait SAKIP, artikel, berita dan lainnya”, ujar Winny.

Selanjutnya, menurut Winny, dengan adanya website SAKIP ini upaya-upaya perbaikan yang telah dilakukan Kementerian Pertanian terkait administrasi pembangunan dapat lebih diketahui masyarakat dan memberikan feedback guna mendorong perbaikan kinerja di Kementerian Pertanian sehingga akan memperoleh kinerja yang lebih signifikan lagi.

Musrenbangtan tahun 2013 ini merupakan tindak-lanjut dari Pra-Musrenbangtan yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-22 Mei 2013 di Bogor. Dalam rapat Pra-Musrenbangtan di Bogor tersebut telah dibahas sinkronisasi program kegiatan-kegiatan yang diusulkan daerah dengan rencana kegiatan Kementerian Pertanian Tahun 2014. Beberapa hal yang telah disepakati bersama adalah target-target produksi tahun 2014 di setiap provinsi, calon lokasi kabupaten dan komoditas yang akan dikembangkan pada tahun 2014, jenis kegiatan utama dan besaran volume kegiatannya.

Selain website SAKIP, pada acara tersebut Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, M.M.A. juga melaunching website e-planning yang merupakan salah satu dari sembilan amanat langkah-langkah percepatan Reformasi Birokrasi serta dalam rangka Reformasi Perencanaan dan Penganggaran dan Peta Audit Lahan Sawah di luar Pulau Jawa sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan maupun untuk perencanaan dan pengendalian pembangunan pertanian. (AS/Swd)


Home